17 Cara Membuat Blog Seo Friendly Full Optimasi

17 Cara Membuat Blog SEO friendly full Optimasi, Memaksimalkan google webmaster tools, seorang blogger mempunyai keinginan artikelnya muncul dimesin pencarian berada halaman pertama google, membutuhkan waktu lama untuk sebuah blog dikata mapan atau kuat di SERP dan ketekunan admin bukan isapan jempol belaka atau membalikan sebeleh tangan, banyak cara yang ditempuh ketika peringkat masih dibawah seperti meningkatkan traffic blog dengan aturan yang benar menurut google, karena bila salah sedikit saja aturan itu dilangkahi maka bukannya blog Anda bertengger di halaman satu namun sebaliknya hilang dari SERP karena dis seo atau black seo maka dari itu penting sekali cara membuat blog Seo friendly memilki pergerakan sangat cepat untuk menggeser ke posisi  pertama pesaing dengan judul sama.

Poin pertama melakukan riset sebuat konten yang akan dibuat dan setelah ada target misalkan artikel itu untuk anak muda atau pelajar maka gunakan bahasa gaul agar lebih dekat dengan auden blog Anda, harus rajin membuat artikel seo friendly dengan konsep yang benar menurut falsafah google seperti tadi disinggung di paragraf pertama jangan melakukan kesalahan saat penerapan seo onpage.

Cara Membuat Blog Seo Friendly Full Optimasi

Blog SEO Friendly. Memaksimalkan Blog dengan cara optimasi ketika membuat artikel yang  berkualitas dan relevan salah satu bukti kita memberikan manfaat artikel itu pada pembaca dan mesin pencari google tahu akan menaikan peringkat artikel Anda itu pada posisi teratas, selain menulis artikel berkualitas faktor penentu lainnya yakni dukungan template seo yang mobile friendly sebagai tolak ukur algoritma mobilegeddon yang mengutamakan pengguna mengakses melalui perangkat smartphone atau mobile. Jadi sekarang mungkin Anda sudah ada sedikit gambaran menegenai blog seo friendly itu dan bila ingin memaksimalkan SEO Blog ada beberapa faktor akan dibahas dari awal hingga selesai postingan ini.

Baca juga : Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Sekarang langsung saja mulai ke langkah-langkah cara membuat blog SEO friendly full optimasi dengan cara menginstall bila berupa aplikasi atau mengunjungi URL situs dan mengeceknya,  jika berupa situs rujukan dengan men-submit blog anda dan menjalankan tips-tips yang diberikan didalamnya dan terapkan untuk blog anda.

OPTIMASI BLOG SEO FRIENDLY


Bagaimana Agar Blogspot Dan Website Anda SEO friendly? .......

Sebelum Anda mempelajari lebih lanjut blog seo friendly........

Saya mau bertanya tujuan dahulu awalnya belajar blog yang akan dibangun untuk niche apa atau gado-gado?.............

Alamat Blog Dan Nama Title


Apabila blog khusus niche atau satu tema nantinya didalam artikelnya hanya menjelaskan artikel tentang satu topik saja, ada baiknya alamat blog memilki keyword niche itu.

Sebagai contoh panduan dasar alamat blog yang benar apabila Anda akan mendalami dan menjelaskan panduan membuat blog dan seperti di bawah ini alamat yang pantas bisa jadi rekomendasi:

Sub-domain : http://www.optimasiseo.blogspot.com
Top Level Domain : http://www.optimasiseo.com

Coba lihat di atas alamat blog/website mencerminkan niche yakni optimasi dan seo, jadi ini sangat berperan penting mesin pencari mengenali nama alamat blog niche tersebut dan satu-satunya alamat blog didunia dan sangat kuat sekali di SERP apabila untuk menjelaskan tentang SEO dan Optimasi website.

Nah Anda sekarang sudah ada gambaran kenapa alamat blog itu jangan asal dibuat, selanjutnya Anda harus memberi nama blog atau title blog agar untuk mesin pencari mengetahui nama blog Anda itu, begitu pula pengunjung gampang mengingatnya.

Nama blog harus ada kaitannya dengan niche untuk memperjelas dan memilki harus keyword, bila diambil dari alamat blog http://www.optimasiseo.com dan http://www.optimasiseo.blogspot.com  tentunya yang paling joss menurut Saya dengan title atau nama sebagai berikut ini :

  • Optimasi Seo
  • Seo Blog
  • Optimasi Blog

Coba lihat di atas alamat blog/website mencerminkan niche yakni optimasi dan seo, jadi ini sangat berperan penting mesin pencari mengenali nama alamat blog niche tersebut dan satu-satunya alamat blog didunia dan dari nama title ketiga-tiganya termasuk format nama blog yang fokus pada satu niche yakni Seo Blog dan akan memberi sinyal ke mesin pencari akan lebih mudah sekali mengenali alamat dan title blog dan sangat kuat sekali di SERP.

Submit Blog Ke Webmaster tools


Daftarkan blog Anda di google webmaster tools, karena dengan mendaftarkan blog/ web anda ke webmaster tools cirinya anda sudah mempunyai blog baru yang siap diproses oleh sistem dan data postingan akan di baca oleh mesin pencarian.

Blog yang jarang diupdate dipastikan akan memakan waktu lama ditemukan di search engine, berbeda jauh blog yang dikelola setidaknnya satu postingan dalam 1 hari dengan artikel original dijamin muncul di mesin pencari google dengan cepat.

Submit Url Blog Baru


Silahkan submit Url blog anda ke Google seperti mengunjungi www.google.com/addurl, dengan mengisikolom yang tersedia dan isikan alamat URL situs sobat dan setelah dikirim atau di sumbit maka situs sobat sudah di tambahkan di server Google. Dan pihak Google siap merayapi URL situs Anda

Mengirim Sitemap Blog


Mengirim Sitemap atau peta situs di Webmaster tools sudah menjadi kewajiban seorang blogger agara seluruh artikel postingan terindex diketahui dan dikumpulkan pada database webmaster tool google.

Kemudian Url tersebut akan dikirim ke Search Engine Google untuk pengguna yang mencari keyword bersangkutan akan dimunculkan, namun kemunculan judul Artikel itu tidak selalu masuk halaman pertama, kadang masuk pada halaman 2 atau 3, ini menunjukan diperlukan optimasi dan faktor lainnya untuk sebuah artikel sebelum di posting.

Sebelum anda mengirim sitemap ke Google Webmaster Tools, blog Anda harus sudah didaftarkan di Webmaster Google, jika belum, silahkan pelajari selengkapnya Cara mengirim Sitemap blog ke google webmaster tools

Google Trends


Google Trends salah satu produk dari google, popularitasnya pengguna internet semakin banyak dan user internet akan mencari atau mendapatkan informasi.

Maka dengan itu Google mengumpulkan data apa saja yang lagi trends atau booming di internet dengan melihat apa yang lagi trends topik.
Anda bisa mengetahui yang lagi trend saat ini, kemarin, mingguan, bulanan, semua fasilitas informasi yang kita cari dan diberikan oleh google melalui aplikasi Google trends.
Google trends ini rangkuman pencarian yang diberikan oleh google dari hasil semua pencarian user internet yang masuk ke google search dan dihimpun dalam aplikasi sesuai topik yang hot dan menjadi perhatian di dunia maya menurut google.

Baca lanjutan artikel Apa itu Google Trend dan Manfaatnya

LSI Keyword


LSI Keyword atau Latent Semantic Indexing Keyword itu adalah pengelompokan kata yang mempunyai arti sama dan relevan bisa juga sinomin dan mempunyai makna keterikatan yang sama.

Dari kata utama bisa menjadi beberapa keyword baru atau hingga kadang puluhan kata yang maksudnya sama diperoleh,  kesemua kata tadi apabila dimasukan ke sebuah artikel akan mencerminkan kesamaan makna dan tentunya mesin pencari memaknai kata ikatan yang harus di index.

Untuk memaksimalkan LSI kata kunci yang ditargetkan, coba lakukan penguraian satu kata kunci menjadi 5 kata kunci baru, jmisalkan apabila keyword sebuah judul ada 4 suku kata maka yang harus diuraikan penambahan suku kata kunci jadi 20 suku kata kunci yang mempunyai makna sama.

Mari kita coba dengan membuat salah satu contoh di bawah ini tentang SLI Keyword:

  • Kata utama kita bidik seperti nama (JERUK)
  • Kata keterikatan atau sekunder diluar kata utama atau sinomimnya seperti Kata :(Buah rasanya manis-Buah mengandung vitamin C-jeruk mandarin-jeruk lokal), dan banyak lagi

Baca lanjutan artikel Manfaat Lsi keyword untuk blog

Pesaingan Kata Kunci


Untuk menempati posisi strategis halaman pertama bisa dibilang sulit memang sulit dan mudah untuk yang sudah tahu cara-cara jitu saat penerapan komponen saat membuat sebuah artikel SEO.

Apabila dalam persaingan judul dan kata kunci yang kita targetkan persaingannya rendah atau longgar maka artikel Anda akan mempunyai kekuatan SEO dan bisa berkesempatan lolos dan muncul di urutan 10 atau 5 besar google sekalian.

Namun berbeda pula apabila tingkat persaingan ketat untuk menduduki urutan 5 besar google sangatlah sulit bersaing, kadang dalam hitungan haripun tak mampu menduduki 10 apalagi 5 besar tadi.

Walaupun lolos menduduki SERP, nyatanya Blog Anda sudah memiliki reputasi baik di mesin pencari google, biasanya Page Authority (PA) - Domain Authority (PA) blog sudah diatas nilai 70.

Yang perlu dioptimasi agar artikel berada di urutan 5 besar google
 
A). Mencari jumlah pencarian untuk kata kunci di search engine juga jumlah untuk persaingan
B). Menemukan informasi yang dihimpun tingkat mudahnya persaingan
C). Tahap agar ringan mengalahkan pesaing kata kunci

Mencari jumlah pencarian untuk kata kunci di serach engine juga jumlah persaingan untuk mengetahui kata kunci yang ditargetkan pada judul artikel yang akan digunakan apakah mempunyai sipat persaingan yang ringan atau sulit atau tinggi.

Sebelumnya Anda harus memperhatikan di bawah ini:

Pertama kita mempersiapkan kata kunci yang dibidik untuk ditargetkan untuk judul dan dalam satu bulan apakah kata kunci itu mendapatkan pencarian pengunjung rendah atau tinggi.

Kedua kita mencermati peluang dari jumlah jumlah kompetitor atau pesaing kata kunci kita, apakah kata kunci pesaing kita seperti di bawah:

  • Tinggi (high)
  • Menengah (medium)
  • Low (rendah)
  • Competetion hanya untuk blog penayang atau publiser iklan google adsense

Untuk memastikan kata kunci keyword yang menjadi sasaran yang bidikan harus pilih kata kunci panjang ( longtail keyword).

Nah sekarang bila semua sudah terasa cukup langsung saja membuat artikel original disukai Google walaupun ada  kesamaan isi artikel dengan blog lain usahakan 75% harus beda, alasanya pengunjung menginginkan konten yang fress bukan hasil contekan semata, persamaan judul sudah banyak sekali namun isi harus lebih kreatif dari hasil tulisan sendiri.

Sekurang-kurangnya postingan tiap hari walau gak sempat ngeblog usahakan satu saja cukup, karena Google sering menampilkan postingan terbaru, bila saya 1 minggu 1 postingan.

Setelah postingan artikel dipublikasikan, coba promosi dengan Blogwalking, memberi komentar di blog lain dengan meluangkan waktu agar teman dari blog lain bisa tahu blog kita. Tapi komentarnya jangan bersipat spam dengan mencantumkan link hidup, namun ada sebagian Admin mempersilahkan menanam link aktif biasanya dengan niche yang sama pada halaman Anda.

Untuk lebih lengkapnya baca lanjutan artikel : Cara membuat artikel masuk urutan 5 google halaman pertama

Submit Url di Social Bookmark


Situs social bookmark bisa membantu meningkatkan traffic blog anda karena kita akan mendapatkan blacklink gratis, seperti situs ini menjadi blacklink Infogue.com, lintas.me dan masih banyak lagi.

Ping Artikel Baru


Postingan yang sudah dipingkan akan cepat terindex hitungan menit bahkan detik, seperti situs ping ini googleping.com .

Nonaktifkan Kotak Komentar


Komentar pada blog adalah salah satu media saling berkomunikasi lewat tulisan antara pembaca dengan admin website atau blog, namun banyak juga situs yang tidak menyediakan kotak komentar terbuka dengan berbagai alasan.

Komentar tidak disemat apa alasannya? Pemilik blog menghindari komentar yang bersipat spam, maka pengelola blog dengan kasus tadi itu tidak menyematkan komentar di blog alasan keamanan dari serang virus dari link yang ditanam pada kotak komentar oleh pengunjung dengan sengaja.

Baca lanjutan artikel : Komentar tidak disemat apa alasannya?

Mencari Backlink Situs Dopollow


Kita memang dianjurkan memburu atau membuat backlink dari blog situs berkualitas tapi sebelum menyimpan backlink pada salah satu situs target yang memilki reputasi baik dimata google.

Anda harus mengetahui dahulu, apakah situs Dopollow atau  Nopollow?  alasanya karena harus jeli untuk mendapatkan backlink dengan tujuan untuk meningkatakan ranking blog.

Silahkan Anda cari situs dopollow atau Anda tak ingin repot, Saya menyediakan pada artikel sebelumnya silahkan buka url halaman ini situs penyedia backlink dopollow.

Backlink yang paling baik untuk sebuah blog yang akan dibangun adalah dari situs dopollow yang terbaik,  namun untuk situs nopollow hanya penyeimbang atau natural saja. 

Baca lanjutan artikel Perbedaan blog dopollow nopollow

Hapus Crawl Error


Crawl error halaman yang dituju tidak ada atau mati, ini sangat menjengkelkan kita sering mengklik URL link yang menunjukan page not found 404, maka kita akan dibuat pusing apalagi menerpa blog yang kita kelola, ada kemungkinan kita menghapus sengaja dan dalam penghapusannya tidak tuntas tanpa menghapus link url tadi pada webmaster tools.

Ok apa sih penyebab terjadinya crawl error 404 itu?.......

  • Kesalahan saat memasukan url link yang menuju mengarah ke halaman lain
  • Jangan sepelekan link url komentar apabila link yang ditanam mati maka akan terjadi error
  • Penghapusan artikel pada dasbor blog saja tanpa menghapus di webmaster tool


Meringankan Loading Blog


Dambaan para blogger menurut kami apabila blog dengan loading yang ringan, akan cepat terbuka apabila ada pengguna menemukan url blog Anda di mesin pencari dan ternyata ketika memuat url halaman blog berat maka pengunjung akan pindah ke url blog lain yang lebih ringan.

Baca lanjutan artikel Cara membuat blog ringan

Catatan : Agar blog terasa ringan maka jangan terlalu banyak iklan yang ditayangkan

Buat Daftar Isi Sesuai Label (kategori)


Membuat daftar isi juga bisa memperbaiki fitur template blog standar dan dirubah jadi semakin enak dipandang dan fitur navigasi juga tampilan semakin dekat ketika pengunjung ingin melihat-lihat konten Anda, tiap entri akan ditampilkan sesuai label masing-masing.

Baca lanjutan artikel Membuat daftar isi untuk blog

Pasang Recents Post


Dengan recents pos ini tampilan situs ada akan lebih SEO, kenapa ya? karena dari sisi traffic bisa meningkatkan klik halaman website Anda, ini membuktikan pengujung bisa lebih cepat mencari postingan terbaru.

Keuntungan utama pada widget recent posts ini adalah bahwa hal itu akan menunjukkan tidak hanya mengirim judul, tetapi juga memposting kutipan atau potongan artikel Anda.

Widget recents post dapat menampilkan seperti di bawah ini:

  • Judul posting hanya yang ditampilkan
  • Mengubah jumlah posting
  • Mengubah jumlah karakter dari pos potongan / kutipan
  • Ringan untuk diterapkan pada blog Anda

Baca lanjutan artikel Cara membuat recent post pada blog

Menghapus Artikel  Permanen


Tindakan seorang blogger ketika akan menghapus artikel postingan pada dasbor blog dan sekaligus harus menghilangkan URL Link itu secara permanen di mesin pencarian google melalui webmaster tools agar permanen hilang di SERP Google.

Apabila cuma menghapusnya pada dasbor blog, tentunya url tersebut masih terindex oleh mesin pencari, kemudian ada pengunjung yang menemukan akan terjadi error 404 karena artikel tersebut sudah Anda delete, apabila berlarut-larut akan menurunkan reputasi blog Anda terhadap pengunjung.

Baca lanjutan artikel Hapus artikel permanen pada blog

Template Seo Friendly


Template SEO Friendly salah satu template yang sudah menambatkan faktor H1 sampai H6 sudah di atur otomatis didalam template blog.

Dalam struktur kode temlate Seo friendly, Anda tak perlu medifikasi tempalte karena sudah ada fitur meta tag dan Artikel terkait juga Breadcrumbs.

Seperti artikel terkait sebagai susunan artikel lainnya yang masih memiliki keterikatan dari sebuah kategori dan label, artikel terkait sangat membatu menambah pageviwer halaman blog Anda dan mempermudah pengujung memilah-milah artikel apa yang mereka senangi.

Begitu pula Breadcrumbs  sangat berguna untuk blog menjadi lebih SEO Friendly dan dapat membantu googlebot untuk lebih cepat mengenali struktur dari blog.

Baca lanjutan artikel Template seo friendly

Terima kasih anda sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel blog seo friendly full optimasi, semoga bermanfaat.Sebelum menutup halaman ini alangkah baiknnya anda lihat-lihat lagi artikel lainnya diblog CIRI SEO BLOG. dan berkomentarlah dengan baik tentang uraian diatas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel