Cara Submit Blog Ke Webmaster Tools Google

Cara Submit Blog Ke Google Webmaster Tools. Sebenarnya memilki sebuah blog yang ramai atau banyak mendapatkan pengunjung Organik dari mesin pencari tentunya dari ribuan hingga ratusan ribu diperlukan waktu dan kerja keras yang panjang salah satu Submit blog ke Webmaster Tools Google hal yang wajib Anda lakukan .

Ketika Anda membangun sebuah blog atau website dan ingin dikenal oleh mesin pencarian (Search engine) bukan hal mudah, salah satunya pendongkrak blog itu dengan submit blog ke Webmaster Tools Google, mengapa kita harus mendaftarkan blog ke Webmaster Tools? dengan mensubmit url utama blog ini secara otomatis memberitahukan atau mengenalkan ke mesin pencarian melalui Webmaster Tools Google bahwa ada alamat blog baru yang perlu di index.

Cara Sumbit Blog ke Google Webmaster Tools

Jadi sekarang Anda sudah ada titik terang mengapa semua blog atau website baru harus mendaftar ke Webmaster Tools Google alasanya agar semua postingan artikel di index dan dirayapi untuk bisa bisa muncul di SERP Google.

Baca juga : Cara Optimasi Seo Onpage Blog Lengkap

Untuk lebih lengkapnya inilah cara Submit Blog Ke Webmaster Tools Google seperti di bawah ini:

MENDAFTARKAN BLOG KE WEBMASTER TOOL GOOGLE


1). Silahakan kunjungi halaman ini https://www.blogger.com/go/webmastertools, kemudian akan terbuka seperti gambar di bawah klik kotak merah yang saya tandai yang ada tulisan "PROPERTY' dengan memasukan alamat utama misalkan www.ciriseo.net dan kemudian klik tombol "ADD" untuk melanjutkan.


2). Tunggu proses pendataan sedang berlangsung maka akan telihat seperti gambar di bawah ini bila sudah selesai prosesnya.


Silahkan klik nama url blog Anda seperti gambar di atas maka akan terbuka Menu Webmater untuk URL blog yang baru didaftarkan.

Silahkan gulir mouse kebawah cari Sub Menu "Crawl" setelah terbuka lalu pilih lagi Sub Menu "Sitemaps" maka akan terbuka seperti gambar di bawah ini :


Keterangan :

1. Klik tombol merah ini dengan tulisan "ADD/TEST SITEMAP" dan kemudian akan terbuka kotak isian di atas pojok kanan dengan memasukan kode XML sitemap baru anda agar semua artikel blog di rayapi oleh robot txt dengan XML di bawah ini.

sitemap.xml

2. Selanjutnya akan Ada tampilan sitemap XML seperti pada nomor 2 ini menandakan proses sudah diterima oleh Webmaster.

3. Kemudian klik kotak kecil yang saya kasih tanda ini untuk meresumbit dan  merepres page untuk menguji coba.

4. Klik Sub Menu "Fetch as Google" maka akan terbuka halaman selanjutnya dengan memasukan halaman URL baru satu-satu yang pernah atau baru di publikasikan, tujuannya untuk mengumpulkan data pada server Webmaster Google untuk siap  ditampilkan pada mesin pencarian Google.

Lihat gambar di bawah :


Keterangan cara menambahkan URL baru ini sebagai berikut:

Bila url halaman baru seperti ini : http://www.ciriseo.net/2015/06/cara-sumbit-blog-ke-google-webmaster.html

Maka yang diambil untuk fetch as google sepert ini : 2015/06/cara-sumbit-blog-ke-google-webmaster.html

5. Setelah Anda memasukan seperti URL yang sudah dipotomg seperti di atas kemudian klik tombol "FETCH" mka akan terbuka tampilan seperti di bawah ini :


6. Sudah terlihat alamat URL yang baru di FETCH dan selanjutnya klik lagi tombol "Request Indexing" maka akan terbuka seperti gambar di bawah ini :


7. Kemudian tandai pada tulisan "Crawl Only This Url" dan klik kotak "i'm not a robot " dan selanjutnya klik tombol "Go" dan selesai untuk tahapan daftar blog ke Webmaster Tools Google ini.

Tambahan :

Bila ada kesalahan atau Crawl Error pada pemeberitahuan di webmaster, itu menandakan Anda pernah menghapus postingan pada dasbor blog saja tanpa menghapus di chache riwayat mesin pencari maka buka link ini untuk menghapus artikel postingan blog secara permanen.

Setelah semua tahap di atas sudah selesai silahkaan kik ini add Url  dan masukan Url link lengkap dan submit.

Untuk mengecek apakah URL halaman blog Anda tadi sudah terindex google maka untuk mengetahuinya dengan cara di bawah ini:

Silahkan buka www.google.com

Ketikan alamat blog Anda seperti ini pada kotak pencarian google seperti contoh di bawah:

site:ciriseo.net

Ganti nama ciriseo.net dengan alamat blog Anda dan kemudian klik OK. Maka akan terbuka deretan judul beserta URL yang sudah terindex di google, bila belum ada tunggu 2 x24 jam biasanya sudah muncul.

Ada satu tahap lagi ping blog ke webmaster, silahkan kunjungi halaman ini cara ping blog.


Terima kasih itulah tips sederhana cara submit blog ke google webmaster tools, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel