[PRODESKEL] Cara Membuat Profil Desa dan Kelurahan

Cara Membuat Profil Desa dan Kelurahan. Dahulu sebelum jaringan internet masuk kepelosok desa dan kelurahan dan masih di otoritas perkotaan saja maka pengiriman data dari daerah akan tersendat karena masih menggunakan secara manual dengan membawa berkas dan proposal sehingga membutuhkan waktu yang lama. Sekarang pada pemerintahan daerah khususnya desa dan kelurahan jaringan internet sudah masuk dengan menggunakan koneksi dari modem atau wifi dan tentunya semua data dan kegiatan di desa cepat pula ditransfer ke Pemerintahan Pusat dengan satu akun profil desa dan kelurahan yang sudah terdaftar dan terhubung secara online.

PRODEKSEL-Cara Membuat Profil Desa dan Kelurahan. Informasi yang tentunya validitas yang akurat salah satu sistem perencanaan rujukan untuk pembangunan desa dan kelurahan dan semua sendi pembangunan yang ada di desa dan kelurahaan di aatur dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 pasal 86 yang berisi Pemerintah pusat yakni Pemeritahan di Provinsi memberikan fasilitas ke fihak pemeritah desa untuk semua pendayagunaan dan sumber daya desa dan kelurahan dengan sebuah profil desa dan kelurahan yang lebih dikenal prodeskel dan peraturan ini tentunya sesuai telah diatur oleh Permendagri Nomor : 12 Tahun 2007.

Tujuan Prodeskel Profil Desa dan Kelurahan :

  • Profil Desa dan Kelurahan informasi penting yang meliputi data di desa dan kelurahan seperti kependudukan dan beberapa peranan keberadaan suatu sektor yang memiki potensi untuk dikembangkan.
  • Meningkatkan sumberdaya yang ada di ruang lingkup pemeritahan desa dan kelurahan sehingga menjadi motivasi bagi kelanjutan investasi desa dan kelurahan.
  • Pengembangan sumber daya alam yang ada dan ditingkatkan lebih maksimal, misalkan di suatu desa memilki satu atau lebih sumber alam berupa kampungnya nelayan maka pemeritahan desa di sisi lain harus menargetkan suatu badan agar sebutan kampung nelayan menjadi pariwisata alam selain tempat mencari nafkah untuk warga maka pantai dan laut akan mempunyai nilai lebih sebagai pemasukan keuangan dengan tambah bidang usaha kepariwisataan.
  • Pengembangan sumber daya alam yang ada dan tingkat tercapinya keberhasilan didukung semua fihak dalam melakukan pembangunan yang kesinambungan.

Tadi telah saya singgung di paragraf 1 tentang semua informasi penting dikirim dengan sangat cepat atau tidak lama karena informasi ini berbasis website yang menkoneksikan semua kejadian penting dan sumber daya alam yang ada di suatu desa dan kelurahan cukup menulis dan mendata apa saja yang akan dikirim secara langsung dengan proses cepat dari profil desa dan kelurahan pada website www.prodeskel.pmd.kemendagri.go.id dan tentunya pengguna (profil desa harus memilki PC komputer dan sejenisnya yang berhubungan dengan internet.

Nah itulah sedikit dari penjelasan tentang kenapa pemerintahan desa dan kelurahan harus membuat profil secara online dan sekarang Saya akan menjelaskan , Apa saja yg diperlukan untuk membuat profil desa dan kelurahan ini bisa berjalan dan inilah Cara Membuat Profil Pendataan Profil Desa dan Kelurahan sebagai berikut ini :

MEMBUAT PROFIL DESA DAN KELURAHAN SECARA ONLINE

PERALATAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MEMBUAT PROFIL DESA DAN KELURAHAN :

1). Unit komputer , Laptop, Tablet, Smartphone

Salah satu yang wajib ada peralatan komputer dan tablet dengan paling bawah spesifikasinya dual core, Os windows , Os linux dan smartphone berbasis Os android dan apple.

2). Koneksi internet

Komputer tak akan bisa berjalan untuk online bila tidak ada jaringan internet, gunakan modem dengan spesifikasi dual mode pada jaringan penerimaan internetnya andara suport sinyal Gsm Edge dan 3g lebih baik suport 4g.

3). Aplikasi Browser

Untuk akses internet selain poin 1 dan 2 di atas ada satu lagi sangat penting yakni browser, browser disini bisa dari web browser crome, mozilla firefox, opera mini, juga bawaan os android dan apple untuk smartphone dan tablet.

Setelah semua kelengkapan mulai dari peralatan dan aplikasi juga jaringan internet sudah ada sekarang melangkah cara daftar dan masuk ke halaman website :

1). Buka browser yang sering anda gunakan dan silahkan kunjungi situs resmi di alamat http://www.prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id/mpublik/


2). Maka tampilan berikutnya seperti gambar di atas dan saya sudah kasih nomor agar mempermudah saat pendaftaran atau masuk membuat profil desa dan kelurahan
:
a). Silahkan daftar dan masuk ke tombol yang ada tulisan masuk dan berikutnya akan tampil form seperti di bawah :


b). Setelah itu Anda dihadapkan pada menu Registrasi atau otentikasi pengguna dengan mengetikan Nama pengguna dan kata sandi yang benar jangan sampai lupa ya.....bila semua data otentikasi pengguna benar.
c). Kemudian untuk memastikan benar salahnya cek lagi form dan bila terasa sudah benar klik tombol yang ada tulisan Kirim .
d). Anda langsung masuk kehalaman profil desa / kelurahan yang anda kelola.

Setelah masuk pada halaman baru profil desa dan kelurahan, nah disini Anda bisa mengolah data yang akan disimpan atau ditransfer ke Pemerintahan yang lebih tinggi atau pusat.




4). Bila Anda masih pada halaman profil dan bisa menelusuri fitur lainnya pada prodeksel ini seperti :

a). Kembali ke gambar atas dengan nomor 2 ada tombol yang bertuliskan Kontak dan bila Anda klik maka tampilannya seperti gambar di bawah dengan alamat kontak Sekreteriat Prodeksel PMD pusat yang bisa dihubungi bila terjadi kesalahan saat masuk di otentikasi pengguna atau bertanya lainnya yang berhubungan profil desa.


b). Tombol pengaturan seperti nomor 3 gambar di atas untuk melihat ringkasan dan pengelompokan data terkumpul dan banyak pilihan seperti untuk Provinsi, Kabupaten, Kota Kecamatan, mungkin saja ingin melihat data kependudukan dari kecamatan sudah tersedia bila kecamatan yang dimaksud sudah mendata.



5). Ada sebagian pengguna akun prodeskel tidak bisa login dan inilah caranya agar Anda bisa membuka aplikasi prodeksel yang salah Id pengguna dan kata kata sandi atau password.

Tidak Bisa Login Ke Akun Id Prodeskel

1). Semua akun prodeskel tiap desa dan kelurahan memilki ID, biasanya orang pertama yang mengetahui saat mendaftarkan akun prodeksel. Apabila Anda sebagai perangkat desa yang baru untuk antisipasi ID pengguna dan password salah maka solusinya silahkan tanyakan pada perangkat atau pegawai desa yang lama.
2). Cara kedua semua ID dan sandi password sudah terekam di server milik badan pemerintahan daerah yakni Kabupaten, jadi apa yang harus Anda lakukan, simak sebagai berikut ini:
a). Anda tahu BPMD kabupaten,disinilah semua ID dan sekaligus pasword terekam.
Tanyakan kepada BPMD Kabupaten setempat karena yang menyangkut ID dan sandi Prodeskel  bisa minta kejelasan pada BPMD Kabupaten
b). Siapkan smartphone dan uji coba dulu di tempat BPMD dan awalnya Anda harus sudah mendownload aplikasi prodeskel
c). Bila sudah bisa login dengan ID dan password yang dikasih tahu BPMD otomatis nantipun di PC atau komputer desa bisa Anda buka, namun sebaliknya bila salah sedikit saja saat uji coba ID pengguna tak bisa dibuka , silahkan minta lagi yang benar karena salah sedikit akun prodeksel akan terkunci.

6). Sebagai penutup Prodeskel atau profil desa dan kelurahan sebagai sarana Pemerintah Pusat memfasilitasi dengan Pemeritahan dibawahnya (Desa/Kelurahan ) untuk memberikan data sebenarnya dan juga sumber daya alam yang dimilki untuk dikembangkan lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel