Macan Jenis Tutul Ditangkap Warga Cikupa Ciamis Diserahkan Ke BKSDA

Macan Ditangkap Di Cikupa Ciamis - Lagi-lagi seekor macan tutul jantan ditangkap di Cikupa Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis pada tanggal 27 September pukul 19.00 di area perkebunan warga. Macan tutul ini lebih besar dari sebelumnya yang ditangkap warga pada tahun 2015 silam.

Bukan alasan warga menangkap macan tutul ini, sejak 2 bulanan sudah meresahkan warga karena sering keluyuran di kebun warga dan sering menapkan saat warga beraktifitas seperti biasanya.

Macan Tutul Ditangkap Warga Cikupa
Macan tutul 2018

Kerugian dari kemunculan macan tutul saat ini tidak sebesar seperti tahun 2010,2015,2016 waktu itu yang memangsa belasan kambing milik warga Desa Cikupa.

Warga Cikupa Lumbung Ciamis Tangkap Macan Tutul


Satwa dilindungi Macan tutul yang ditangkap warga tahun 2018, telah memangsa 2 ekor anjing dan kambing 1 ekor milik warga setempat, nah karena itulah ada warga yang berinisiatif membuat jebakan dengan sebuah kerangka besi ukuran 1 meter persegi.

Selain macan tutul yang sudah ditangkap warga baru-baru ini, kini masih ada macan betina bersama 2 ekor anaknya yang berkeliaran di Dusun Lamping (Rw 05) Desa Cikupa dan sudah menampakan diri pada warga, meskipu tak menyerang warga.

Ada kabar berita lagi dari warga Cikupa bahwa sering terdengar "Auman" suara macan pada dini hari kira-kira pukul 02.00 di area pemakaman yang berada di sebelah utara perumahan warga Cikupa. Kemungkinan macan yang sama yang bertemu warga dusun lamping-Cikupa.

Tertangkapnya macan tutul menjadi tontonan warga, bukan saja warga setempat yang datang, dari luarpun banyak dan selanjutnya pada pukul 19.00 langsung diserahkan ke Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) .

Macan Tutul Tertangkap Di Ciamis
Penangkapan Macan tutul 2016

Pada tanggal 5 Oktober 2016 dan tepatnya ditangkapnya pukul 20.00 malam rabu, sebelumnya dua ekor macan sudah ditangkap dengan macan yang pertama corak belang hitam putih pada tanggal 11 Nopember 2010 lalu dan yang masih hangat macan kumbang pada tanggal 10 Agustus 2015 dengan warna hitam legam, sedangkan macan tutul sekarang ini ada corak totol-totol hitam putih dan diperkirakan berusia 2 tahunan

Awalnya penangkapan satwa liar dan dilindungi ini ada sebabnya sebelum sekelompok warga memasang kerangkeng yang terbuat dari besi di wilayah pemukiman warga dekat kandang ayam pedaging. Alasan macan tutul ditangkap warga Cikupa Ciamis ini karena  selalu memangsa hewan peliharaan milik warga seperti ayam petelur dan marmut milik warga cikupa, sedangkan ternak peliharaan warga yang dimangsa macan tidak ada berupa ternak kambing seperti macan kumbang yang kedua ditangkap sebelumnnya.

Beberapa saat penangkapan macan tutul ditangkap warga cikupa di Ciamis tidak serta merta menangkap binatang ( satwa ) yang dilindungi tapi sudah banyak warga yang resah dan mengeluh banyak kehilangan hewan peliharaan dan juga penampakan sekelompok macan liar ini dijalanan pesisian pada waktu malam tiba jadi bila sudah waktu malam banyak warga yang enggan keluar dari rumah untuk mengairi irigasi sawah dan kolam yang letaknya diluar pemukiman warga.

Secara geografis letak  wilayah Desa Cikupa ini berada percis di bawah kaki gunung Syawal dan perbatasan desa dengan gunung ini hanya diapit kebun-kebun milik warga, sedangkan sehari-hari warga disini beraktifitasnya berkebun dan bertani dan letak sawah dan kebun inilah jauh dari pemukiman warga, jadi bila ada kegiatan di kebun untuk menanam pohon atau berkebun akan selalu dikerjakan berkelompok gunanya macan yang berkeliaran di kebun akan segera menjauh ke dalam hutan gunung Syawal dan biasanya hewan liar akan bukan saja macan akan menjauh bila ada kelihatan warga dengan jumlah banyak.

Kisaran umur macan tutul yang di tangkap sekelompok warga Ciamis ini sudah berumur 2 tahunan karena sebelummnya ada seekor macan induk bersama 3 ekor macan yang masih keci-kecil terlihat oleh warga di kebun pada siang hari dan mungkin saja ini adalah satu dari ketiga ekor macan yang sebelumnya  cuma sebesar kucing dan umurnya kira-kira 1 bulanan.

Penangkapan macan di ciamis tepatnya di Desa Cikupa Kecamatan Lumbung ini yang ketiga kalinnya dan paling heboh saat menangkap macan kumbang jantan hitam yang sudah tua umurnya, sedangkan macan tutul ini sedang mengijak umur dewasa terlihat dari taringnya masih pendek dan panjangnya kira-kira 130 cm dengan tinggi 70 cm.

Sejak dari pagi sudah banyak warga berduyun-duyun melihat macan tutul ini dan tidak sehoboh waktu tertangkapnya macan kumbang yang taringnya tinggal tiga sudah tanggal satu karena sudah tua mungkin dan macan tutul ini belum bisa bersuara mengaum seperti auman macan dewasa yang besar dan masih mengeluarkan suara geraman kecil, warga yang melihatnya selalu menjaga jarak karena namanya macan termasuk hewan buas jadi tidak diperkenankan terlalu dekat.
Inilah videonya asli bila Anda tak sempat lihat secara langsung, mau lihat silahkan :


Itulah ulasan tertangkap seekor macan tutul di Cikupa "Ciamis" pada hari ini 27-28 September 2018 semoga menjadi informasi siang ini bermanfaat bagi anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel